Doa Mengusir Marah

  • akhwat
  • Thursday 25 June 2015
  • Uncategorized
  • 1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saudara-saudariku yang dirahmati Allah Subhanahu Wata’ala… Tentunya, bukan hal yang aneh jika suatu waktu kita mendapati seseorang sedang dalam keadaan marah. Hal ini disebabkan karena rasa marah bisa datang kapan saja dengan berbagai alasan atau bisa juga tanpa alasan yang jelas. Nah……ketika hal tersebut terjadi di dalam diri kita, maka hendaknya kita membaca doa yang dapat mengusir marah sehingga rasa marah tersebut segera hilang dengan sendirinya.

Adapun doa mengusir marah yaitu:

 ‘’Audzubillahiminassyaitonirrojim‘’

Artinya:

‘’Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk’’

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Sulaiman bin Surad Radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, ”Saat saya duduk bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ada dua laki-laki saling mencela satu sama lain, dan salah satunya dari mereka menjadi merah mukanya dan menonjol pembuluh darah lehernya. Rasulullah bersabda, ’Aku benar-benar tahu kalimat, kalau ia mengucapkannya, maka benar-benar hilang darinya apa-apa yang ada padanya (yang disebabkan karena marah).’ Kalau ia mengatakan, ‘Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk’, pergi darinya apa-apa yang ada pada dirinya’. Maka para Sahabat mengatakan kepada salah satu lelaki yang marah tersebut, ‘Sesungguhnya Nabi mengatakan, ‘Berlindunglah engkau dari setan yang terkutuk.’ Laki-laki itu mengatakan, ‘Apakah dalam diri saya ada kegilaan?” (Riwayat Al-Bukhari-Muslim)

Ibnu Alan menyebutkan, Imam An-Nawawi menilai perkataan laki-laki tersebut menunjukkan bahwa sifatnya tidak sesuai dengan syariat, karena ia menyangka bahwa istia’dzah (minta perlindungan) hanya untuk orang gila dan tidak tahu kalau kemarahan datang atas motivasi dari setan. Sebab itulah dalam keadaan demikian, manusia akan keluar dari keadaan normalnya, dan mengatakan hal-hal batil. (Al Futuhat Ar Rabaniah, 6/181)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *