Hadits : Keutamaan Hari Jumat

  • ikhwah
  • Wednesday 22 November 2017
  • Hadist
  • 0

Assalamu alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas nikmat dan karunianya. Serta salam dan sholawat kita sampaikan kepada Rasulullah shollallahu alaihi wasallam.

Pada kesempatan kali ini,kami akan membahas tentang keutamaan hari Jumat.  Islam memiliki beberapa hari raya,hari raya besar yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Adapun hari raya setiap pekannya yaitu hari Jum’at. Rasulullah shollallahu alaihi wa sallam menyebutkan dalam sebuah hadits yang artinya , “ Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang Allah berikan untuk kaum muslimin.[H.R. Ibnu Majah dari sahabat Abdullah bin Abbas radiyallahu anhum, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani radiyallahu anhu dalam shahih At-Targhib].

Dijadikannya hari Jumat sebagai hari raya menunjukkan bahwa hari jumat bukanlah hari biasa. Bahkan,hari jumat adalah hari yang memiliki kedudukan muliah di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala. Rasulullah shollallahu alaihi wa sallam menjelaskan yang artinya, “Sesungguhnya hari jumat adalah pemimpin  hari-hari. Hari yang paling agung di sisi Allah. Hari ini lebih mulia di sisi Allah daripada Idul Adha dan Idul Fitri. Pada hari ini ada lima perkara; Allah menciptakan Adam, menurunkan ke dunia,dan mewafatkanya,pada hari Jumat ada waktu mustajab yang tidaklah seorang hamba berdoa kepada Allah kecuali akan dikabulkan selama tidak meminta yang haram. Pada hari itu pula akan ditegakkan kiamat. Tidaklah malaikat muwarrabin (yang didekatkan), tidak pula langit,bumi,angin,gunung,lautan,kecuali takut pada hari Jumat.” [H.R. Ibnu Majah dari sahabat Abu Lubabah radiyallahu anhum, dihasankan oleh  Syakh Al-Albani radiyallahu anhu dalam shahih Sunan Ibnu Majah]

Maka dari itu, kita selayaknya memanfaatkan momen ketika hari Jumat dan sehendaknya memulikakan hari jumat dengan melaksanakan sunnah pada hari jumat. Insha Allah pembahasannya akan dilanjut pekan depan. Sekian, semoga bermanfaat dan bisa diingatkan kepada sanak keluarga,kerabat,dan teman kita agar saling mengingatkan dalam kebaikan.

Wassalamu alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *