Karakteristik Abu bakar Ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu

  • akhwat
  • Thursday 24 March 2016
  • Uncategorized
  • 0

Nama lengkap Abu Bakar Ash-Shiddiq bin Abu Quhafah adalah Abdullah bin Utsman bin Amir bin Amr bin Kaab bin Sa’ad bin Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib al-Qurasyi at-Taimi. Beliau ini dijuluki Atiq karena wajahnya yang tampan dan nasab (keturunan)nya yang baik. Beliau memiliki kulit putih, berperawatan kurus, tipis kedua pelipisnya, kecil pinggang sehingga kainnya selalu turun dari pinggangnya, wajahnya tirus, matanya cekung, berkening lebar dan selalu mewarnai jenggotnya dengan inai maupun katam (sejenis tumbuhan yang digunakan untuk menghitamkan rambut).
Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu terhitung sebagai orang yang pertama masuk Islam. Dia sangat yakin akan benarnya kenabian Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dakwah yang di bawakannya. Dalam hal ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan, “Setiap saya mengajak seseorang masuk Islam, selalu terbersit tanya dan keraguan dalam benaknya. Berbeda dengan Abu Bakar, dia tidak pernah berpikir panjang untuk memenuhi ajakanku dan dia tidak ragu sedikitpun.”
Setiap kali Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan sesuatu, Abu Bakar selalu menjadi orang yang paling pertama, membenarkan dan mengimaninya. Sebab beliau begitu yakin bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak berbicara berdasarkan hawa nafsunya. Kondisi seperti ini yang membuat dia dijuluki Ash-Shiddiq (orang yang selalu membenarkan).
Abu Bakar Ash Shiddiq radhiallahu ‘anhu menggunakan hartanya untuk menolong agama Allah subhanahu wa Ta’ala. Beliau pernah menginfakkan empat puluh ribu dinar kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di jalan Allah. Sehingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada harta yang memberi manfaat kepadaku lebih besar dari manfaat yang diberikan oleh harta Abu Bakar!”
Ketika suatu waktu dia berjalan melewati budak-budak yang sedang di siksa oleh majikannya, dia merasa kasihan, maka dia tidak segan-segan membelanjakan hartanya unuk memerdekakan mereka. Sedikitnya ada tujuh orang yang dimerdekakan oleh Abu Bakar, diantaranya Amir bin Fuhairah dan Bilal bin Rabah, muadzin Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan masih ada lagi namun tidak kami sebutkan. Abu Bakar memiliki tingkat ketakwaan dan wara’ yang tinggi. Beliau takut kepada Allah subhanahu wa Ta’ala di saat sendiri dan merasa terus diawasi saat berada di tengah keramaian. Beliau sangat memperhatikan kehalalan sesuatu dan menjauhi segala hal yang syubhat (diragukan kehalalannya).
Dalam kesempatan lain, di salah satu majelis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakar mendengar beliau bersabda, “Siapa yang menginfakkan sepasang dari hartanya di jalan Allah, akan di panggil dari berbagai pintu, “Wahai hamba Allah, pintu ini lebih baik.” Siapa yang merupakan ahli shalat akan di panggil dari pintu shalat, siapa yang ahli jihad akan di panggil dari pintu jihad, siapa yang ahli puasa akan di panggil dari pintu Ar-Rayyan, dan siapa yang ahli sedekah akan di panggil dari pintu sedekah.”
Abu Bakar lalu bertanya, “Demi ayahku dan ibuku sebagai tebusan untukmu wahai Rasulullah, sungguh bahagia orang yang di panggil dari semua pintu itu. Apakah ada seseorang yang akan di panggil dari semua pintu itu?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ada, dan saya berharap engkau adalah salah satunya.”
Abu Bakar menempati posisi yang teristimewa di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kedudukan tertinggi yang diidamkan oleh setiap jiwa. Sampai-sampai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Seandainya saya diperbolehkan memilih seorang kekasih, maka saya akan memilih Abu Bakar sebagai kekasih. Akan tetapi yang ada adalah persaudaraan dan kasih saying Islam. Tidak ada satupun pintu yang tersisa di masjid melainkan akan tertutup kecuali pintu Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu.

Penulis : Abdus Sattar Asy-Syaikh
Penerbit : Darus Sunnah Press
Artikel : www.darus-sunnah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *