Menuntut Ilmu Agama adalah Jalan Menuju Surga

  • admin
  • Wednesday 14 November 2018
  • Aqidah
  • 0

Pada zaman ini, begitu banyak muslim yang lalai dan rendahnya semangat serta motivasi mereka dalam menuntut ilmu agama. Mereka seakan meremehkan dan tidak mementingkan menuntut ilmu agama. Berbeda halnya dengan mencari ilmu dunia. Begitu banyak yang rela mengorbankan waktu, harta dan tenaga demi terwujudnya impian dunia mereka. Kemudian, bagaimana dengan ilmu agama? Apakah pernah terlintas dalam benak kita untuk serius mempelajarinya, bahkan rela mengorbankan waktu, harta dan tenaga untuk meraihnya? Allah memuliakan ilmu dan ahlinya. Bahkan Allah memulai menurunkan* ayat Al Qur’an pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan perintah untuk membaca.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,
(QS Al-‘Alaq; 1).

Ilmu adalah jalan menuju jannah (Surga), sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa memudahkan langkah kakinya menuju majlis ilmu, Alloh akan mudahkan langkahnya dengan ilmu tersebut menuju Jannah”. (HR. Muslim 2699). Semakin besar keinginan seseorang untuk masuk jannah, maka berbanding lurus dengan semakin besar usahanya untuk menuntut ilmu. Sebab seseorang bisa masuk jannah jika mengerjakan amalan-amalan jannah, dan tidak mungkin beramal jika tidak dilandasi dengan ilmu yg benar.

Maka apa pun latar belakang pekerjaan dan profesi kita, apakah pegawai negeri sipil, pedagang, guru, mahasiswa, dan lainya, wajib bagi kita untuk mempelajari ilmu agama. yang merupakan jalan untuk menuju surga.

Sumber dari : http://wahdah.or.id/menuntut-ilmu- agama-adalah-jalan-menuju-surga/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *