PENGARUH SIFAT “TAQWA” DALAM KEHIDUPAN SEORANG MUSLIM

Alhamdulillah, bersyukur kita kepada Allah subhanahu wa Ta’ala, yang telah menjadikan kita umat yang beriman dan berkeyakinan kepada-Nya, sehingga kita menjadi umat yang berbahagia dengan predikat sebaik-baik umat yang pernah dikirim kepada umat manusia.

Shalawat dan salam kita ucapkan sebagai bingkisan tanda cinta kita kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah menjadi penerang jalan kita, pembimbing tujuan kita dan yang sangat menyayangi dan memperhatikan kita umatnya.

Memiliki akhlak yang baik adalah impian semua orang, salah satu akhlak terpuji yang dapat mengantarkan kita ke surga adalah taqwa.

Makna dasar kata taqwa adalah sikap hamba yang menjaga atau memelihara dirinya dari segala bentuk keburukan dan kejahatan yang dikhawatirkan akan menimpa dirinya. Kemudian taqwa mengalami spesifikasi makna menjadi sikap menjaga atau memelihara diri dari segala sesuatu yang dapat mendatangkan kemurkaan dan azab Allah subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu, Allah adalah Ahlu at-Taqwa, yaitu Dzat satu-satunya yang berhak untuk ditakuti, diagungkan, dan dimuliakan oleh hamba-hamba-Nya.

Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu mendefinisikan taqwa:
“Taqwa kepada Dzat yang Maha Agung, beramal sesuai dengan anjuran wahyu, bersikap rela atau puas terhadap rezkiyang diterima walaupun jumlahnya sedikit, dan mempersiapkan diri untuk hari keberangkatan (menuju liang lahat).”

Jika kita bersungguh-sungguh dalam menjaga dan memupuk keimanan dan ketaqwaan kepada Allah subhanahu wa Ta’ala, niscaya kita termasuk orang-orang yang beruntung dan diizinkan untuk memetik dan mencicipi buah ketaqwaan. Ada enam buah taqwa yang dapat kita petik, lima buah dapat kita rasakan dikehidupan dunia dan satu lagi menunggu kita dikehidupan akhirat.

Kelima buah taqwa tersebut telah disebutkan oleh Allah subhanahu wa Ta’ala dalam beberapa ayat, yaitu:

Pertama, Kita akan memiliki “furqoon intelegence” yaitu kemampuan intelektual kita untuk membedakan antara yang haq dengan yang bathil. Allah subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Artinya: ”Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah niscaya ia akan memberikan kepadamu ‘furqoon’ (kekuatan hati yang dapat membedakan antara yang benar dan yang salah), dan ia akan menghapuskan kesalahan-kesalahanmu dan mengampunimu, dan Allah mempunyai karunia yang besar.” [QS. Al-Anfal:29].

Kedua, Kita akan merasakan keberkahan hidup yang dihiasi oleh bunga-bunga kesenangan dan kebahagiaan serta ketentraman. Limpahan berkah yang mengucur dari langit dan bumi menjadi milik kita. Allah subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Artinya: “Dan sekiranya penduduk negeri-negeri itu beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan melimpahkan keberkahan kepada mereka dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka karena sesuatu yang mereka usahakan.” [QS. Al-A’raf:96].

Ketiga, Allah subhanahu wa Ta’ala akan senantiasa memberikan bimbingan dan jalan keluar dari persoalan hidup yang sedang dan yang akan kita hadapi seperti janji-Nya. Allah subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Artinya: “…Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya.” [QS.At-Thalaq:2].

Keempat, Allah subhanahu wa Ta’ala akan memberikan rezeki yang berlimpah kepada kita dengan cara yang tidak terduga dan dari jalan yang tidak disangka-sangka, sebagaimana firman-Nya:

Artinya: “dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka-Nya.” [QS.At-Thalaq:3].

Kelima, Allah subhanahu wa Ta’ala akan memberikan kemudahan dalam segala urusan kita. Allah subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Artinya: “… Dan barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusan-Nya.” [QS.At-Thalaq:4].

Keenam, Allah subhanahu wa Ta’ala akan menghapus, mengampuni dosa, dan kesalahan kita, serta memberikan tempat yang layak di surga yang penuh dengan kenikmatan yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak terdengar oleh telinga, dan tidak pernah terlintas dan terbayang dalam akal fikiran kita.

Buah taqwa yang satu ini, akan dipetik kelak di alam akhirat. Allah subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Artinya: “… barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah akan menghapus kesalahan –kesalahnnya dan akan melipatgandakan pahala baginya.” [QS.At-Thalaq:5].

Semoga Allah senantiasa menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang bertaqwa, agar mendapatkan kebaikan, tidak hanya di dunia namun berlanjut kelak di akhirat, aamiin.

Wallahu’alam.

Sumber: Buku Islamic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *