SALAF MEMANG BEDA

  • akhwat
  • Friday 29 May 2015
  • Uncategorized
  • 0

SALAF MEMANG BEDA..!!

Dewasa ini keruntuhan iman pada kebanyakan pemuda dan remaja sudah sangat mendalam dan merata. Ibadah baik shalat jama’ah di Masjid, membaca Al-Qur’an dan belajar islam sudah sangat minim sekali. Padahal dahulu para pemuda dan remaja di zaman Nabi dan setelahnya demikian semangat untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala dengan amalan shalih.

Para salaf disini maksudnya adalah generasi Sahabat, Tabi’in dan Tabi’it Tabi’in. Sahabat adalah orang yang pernah bertemu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam keadaan beriman dan meninggal dalam keadaan muslim. Tabi’in adalah para murid sahabat yang tegak dan berjalan di atas ajaran Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan petunjuk para sahabat. Adapun Tabi’it Tabi’in adalah para murid tabi’in yang istiqamah dalam ajaran dan petunjuk para sahabat yang diajarkan para tabi’in pada mereka.

Ketiga generasi ini berbeda dengan generasi setelahnya, karena mereka adalah generasi terbaik umat ini sebagaimana dijelaskan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam sabda beliau yang artinya Sebaik-baiknya umatku adalah generasi yang aku diutus pada mereka (Sahabat Nabi) kemudian yang setelahnya (Tabi’in) kemudian yang setelahnya (Tabi’it Tabi’in).”(Diriwayatkan oleh Abu Daud) 

Bahkan para sahabat khususnya telah direkomendasikan Allah Subhanahu Wata’ala sebagai umat terbaik dalam firman-Nya,

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah kepada yang munkar, serta beriman kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Sekiranya para ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan  mereka adalah orang-orang yang fasik.” (Ali Imran:110)

Setiap orang yang membaca sejarah kehidupan para salaf dan merenungi keadaan mereka, pasti akan mengerti dan mendapatkan kehebatan dan keagungan mereka. Mereka memiliki akhlak yang sangat mulia, sangat kuat dan teguh dalam meneladani sikap dan perilaku Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam segala keadaannya. Disamping juga mereka sangat menjaga keimanan dan sangat takut berbuat dosa dan kemaksiatan serta senantiasa berlomba-lomba dalam mengamalkan amal shalih dan kebaikan.

Keagungan dan kehebatan mereka sebagai generasi terbaik dilukiskan oleh Syaikhul islam ibnu Taimiyah dalam penuturannya, “SIapa yang lebih dekat kemiripannya dengan mereka maka akan lebih sempurna”.

Hal ini tidaklah mengherankan, karena Allah Subhanahu Wata’ala telah memilih mereka sebagai pendamping perjuangan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam menegakkan dan membela agama Islam ketika beliau hidup dan sepeninggal beliau. Mereka telah mengorbankan harta dan jiwa mereka untuk menyebarkan ajaran yang mulia ini dengan melakukan penaklukan-penaklukan terhadap negeri-negeri disekitar jazirah Arabia.

Dalam perjuangan mereka tersebut Nampak sangat jelas kekuatan iman, kedalaman ilmu, kesucian hati dan kebersihan jiwa mereka. Pantaslah bila Allah Subhanahu Wata’ala menyatakan,

“Maka jika mereka beriman kepada apa yang kamu telah beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk; dan jika mereka berpaling, Sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan (dengan kamu). Maka Allah Subhanahu Wata’ala akan memelihara kamu dari mereka. Dan Dia-lah yang Maha mendengar lagi Maha mengetahui.”

 Dalam ayat di atas Allah Subhanahu Wata’ala menjelaskan seorang dapat dikatakan benar dalam iman dan mendapat petunjuk apabila beriman kepada semua yang telah diimani Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan para sahabatnya. Dengan demikian seorang yang ingin mendapat petunjuk dan berjalan di atas jalan yang lurus sangat perlu melihat dan mengerti kehidupan para salaf yang indah dan fenomenal. Yakinlah setelah mengenal kehidupan mereka, kita akan semakin kuat iman dan semakin sejuk hati serta jiwa kita. Mau bukti? Silahkan membaca sejarah kehidupan mereka yang telah tertulis di buku-buku sejarah dan biografi para salaf yang sudah banyak diterjemahkan kedalam bahasa kita. Selamat membuktikan!

(UST. KHOLID SYAMHUDI, LC)

SUMBER: MAJALAH ELFATA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *