Sholat Tepat Waktu, Why Not?

  • adminkdr
  • Wednesday 30 March 2016
  • Fiqih
  • 0

Saudaraku seiman, sudah tahukan bahwa Sholat Wajib 5 Waktu merupakan salah satu ibadah wajib bagi setiap umat Islam. Ibadah wajib ini merupakan ibadah yang sangat penting bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, tua dan muda, kaya dan miskin, bahkan ketika dalam keadaan sakit maupun perang sekalipun, Sholat harus tetap dilaksanakan. Selama nafas ini masih ada maka setiap muslim wajib melaksanakan Sholat.

Namun, diantara umat Islam dimasa sekarang masih ada diantaranya yang masih meremehkan Sholat terutama Sholat tepat waktu, bahkan saat suara adzan telah dikumandang masih banyak yang menunda waktu Sholat yang terkadang merasa malas atau kurang bersemangat untuk bergegas mengambil air wudhu dan lebih parahnya terlambat menunaikan Sholat hingga waktu Sholat hampir habis. Padahal terdapat banyak keistimewaan bagi seorang muslim yang Sholat tepat waktu. Nah, berikut Kami berikan tips agar kita semua bisa selalu menjalankan Sholat setidaknya secara tepat waktu, terlebih jikalau dilaksanakan di masjid. Why not? :

  • Selalu Mengingat Waktu

Di dalam kehidupan yang serba canggih seperti sekarang ini, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengetahui waktu atau jadwal Sholat. Berbagai cara bisa kita manfaatkan untuk mengetahui pukul berapa waktu-waktu Sholat tiba, mau itu dengan gadget atau alarm. Tinggal kita atur gadget kita agar alarm berbunyi sebagai pengingat Sholat, misalnya 15 menit sebelum waktu Sholat tiba. Takut berbunyi ketika ada jam sekolah atau kuliah atau meeting? Gunakan mode getar saja. Jikalau anda tetap tidak bisa melaksanakan Sholat secara tepat waktu ketika suatu kepentingan, setidaknya anda sudah diingatkan bahwa waktu Sholat telah tiba. Dengan begitu, anda  akan merasa untuk menyegerakan Sholat dengan mengutamakan Sholat berjama’ah di masjid.

  • Bongkar Kebiasaan Malas

Malas merupakan musuh yang benar-benar nyata dan harus di lawan jika kita mau sukses akan sesuatu hal lebih cepat. Karena jika anda tidak melawan rasa malas, niscaya waktu anda akan ‘diambil alih’ oleh para syaitan yang terkutuk.  Biasanya, hal yang menimbulkan kebiasaan malas adalah karena terlalu banyak berdiam diri di kamar, ditambah bermain smartphone, ataupun hal lain yang sejenisnya. Oleh karenanya, jangan terlalu banyak berdiam diri di kamar anda sambil bermain gadget. Namun manfaatkan gadget anda ketika benar-benar diperlukan semisal untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen.

  • Paksa Diri Sendiri

Tips yang ketiga merupakan salah satu solusi dari problem yang ada di tips kedua. Apakah solusinya? LAWAN. Paksa diri anda. Karena sejatinya yang menahan anda untuk melaksanakan kewajiban adalah godaan syaitan. Beribu cara syaitan untuk menghalangi kita kepada jalan yang benar. Contohnya, anda sedang asyik-asyiknya main game, sedangkan adzan sudah berkumandang, tentu akan menjadi dilema bagi anda. Di satu sisi, anda sedang klimaks di game tersebut, di sisi lain anda telah dipanggil untuk segera menuju ke rumah Allah Subhana wa Ta’ala. Bisa bayangkan betapa beratnya untuk meninggalkan game tersebut. Contoh lain, anda merupakan aktivis kampus, tiba-tiba ada panggilan dari dosen atau senior, apa yang anda lakukan? Bukankah tanpa pikir panjang anda langsung menghentikan pekerjaan dan segera mungkin untuk  bertemu dengannya?Entah mengapa terhadap sesama makhluk-Nya kita kadang merasa takut hanya dikarenakan pangkat atau jabatan, sedang hanya panggilan adzanpun kita enggan untuk segera melaksanakan Sholat, padahal hal tersebut merupakan suatu panggilan-Nya yang patut kita segera laksanakan! Saudaraku, mari respect!

  • Bayangkan Keindahan Syurga

Dalam mengerjakan suatu hal, tentu ada sebuah alasan dibalik kita mengerjakan hal tersebut. Misalnya kita bekerja agar bisa menghidupi keluarga, belajar demi mempersiapkan masa depan, dan lain sebagainya. Di dalam agama islam, kita diwajibkan untuk bertaqwa kepada Allah Subhana wa Ta’ala karena itu merupakan kewajiban kita kepada Allah Subhana wa Ta’ala. Akan tetapi, kita semua tahu bahwa selain menjalankan kewajiban, kita pasti termotivasi oleh kenikmatan yang akan kita peroleh ketika kita di surga kelak jika kita bersungguh-sungguh dalam menjalankan kewajiban secara ikhlas dan benar. Bagaimana tidak, di surga kelak terdapat Sungai Salsabila (sungai dimana air yang mengalir adalah air susu), Danau Kautsar, bidadari-bidadari cantik jelita, dan masih banyak lagi. Semua itu adalah milik kita selama-lamanya. Hak milik adalah abadi. Masih tidak tertarik? Atau anda sangat tertarik? Segera berbenah, tinggalkan yang buruk di masa lalu, pertahankan yang sudah baik, tambah hal baru yang lebih baik. Segera kunjungi masjid-masjid terdekat.

  • Selalu Ingat Allah dan Senantiasa Berdoa

Inilah kunci pamungkas dari semua tips. Jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin, akan tetapi tanpa berdo’a memohon kelancaran kepada Allah Subhana wa Ta’ala, rasanya terlalu sombong. Semua yang ada di alam semesta ini telah diatur oleh-Nya. Kita hanyalah seorang hamba-Nya yang harus senantiasa bertaqwa kepadanya. Mari kita selalu  ingat Allah Subhana wa Ta’ala dan senantiasa memanjatkan do’a kepada-Nya, maka Allah Subhana wa Ta’ala akan mengabulkan do’a kita. Semoga kita senantiasa berada di jalan Allah dan menjadi hamba yang terbaik. Aamiin.


 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *